Menu Click to open Menus
Home » LIPUTAN KHUSUS » SDIT Matahari Tangerang Gelar Family Camp Untuk Memperkuat Karakter

SDIT Matahari Tangerang Gelar Family Camp Untuk Memperkuat Karakter

(655 Views) March 26, 2017 3:31 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, JakartaSDIT Matahari Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Family Camp Selama Dua Hari di Bumi Perkemahan Ragunan 24-25 Maret 2017 Dengan Mengankat Tema “Aku Siap Menjadi Hebat” . Dari Pantauan Team Duta Wisata di lokasi kegiatan, selama dua hari peserta di berikan edukasi melalui berbagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi anak.

Menurut Salah Satu Pembina yang di jumpai di lokasi perkemahan Muhammad Mansyurudin mengutarakan bahwa melaui kegiatan kepramukaan dapat berhasil menciptakan peserta didik yang berkarakter jika pada proses pendidikannya tidak hanya mengembangkan teknik kepramukaan (tekpram) semata, tetapi juga dikembangkan kemampuan, ketrampilan dan sikap berorganisasi.Dalam organisasi akan diterapkan prinsip-prinsip manajemen atau pengelolaan organisasi seperti perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan/penggerakan (actuating) dan pengawasan (controlling). Disamping itu, organisasi juga merupakan sebuah alat atau media kontrol sosial bagi sekolah atau pihak lainnya untuk mengamati sekaligus memantau perkembangan siswa.

Tujuan semua kegiatan itu adalah pembentukan karakter, dan bermain merupakan alat. Melalui permainan dilakukan tahapan-tahapan untuk membentuk karakter. “Misalnya ada bunga, beri mereka informasi kenapa bunga harus dijaga dan dipelihara. Untuk melihat apakah mereka mengerti, coba lemparkan dan lihat reaksi mereka. Biasanya anak-anak akan berebut, dan jika yang mendapatkan bunga itu memperlakukan bunga itu dengan baik, berarti dia paham. Setelah itu ajak mereka jalan-jalan melihat keindahan bunga, hingga ia menghayati. Maka dia akan terbiasa sayang pada bunga. Setiap kegiatan pramuka selalu diupayakan mencakup kegiatan yang bersifat spiritual, emosional, intelektual, sosial dan fisik, untuk memaksimalkan perkembangan karakter anak.

Adapun pendidikan karakter yang ingin di capai melalui Family Camp ini diantaranya adalah :

  1. Dalam kepramukaan, para peserta diajarkan diajarkan bagaimana menerapkan kedisiplinan dengan memakai pakian seragam yang sesuai aturan dalam gerakan pramuka. Menggunakan waktu dengan baik serta memimpin dirinya maupun orang lain.
  2. Pendidikan karakter dari Pramuka diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan di alam terbuka. Sehingga kegiatan Pramuka menjadi menarik dan menyenangkan. Peserta didik dapat bekerja sama satu sama lain dalam memecahkan persoalan, mempunyai jiwa tolong menolong, menambah keberanian dan percaya diri, dan pramuka juga dapat melatih peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih berdisiplin.

Salah Satu kegiatan yang mendapat antusias peserta adalah kegiatan Olahraga bersama, Menanam dan Memanen Bayam di alam terbuka untuk menanamkan karakter cinta alam dan kasih kepada sesame manusia. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang akan senantiasa di lakasnakan oleh pihak Sekolah, tambah Mansyuruddin. (DMS)

 

Categorised in:

No comment for SDIT Matahari Tangerang Gelar Family Camp Untuk Memperkuat Karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *