Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » ADVENTURE » Gunung Prau Dieng Pendakian Indah Yang Kurang Dilirik

Gunung Prau Dieng Pendakian Indah Yang Kurang Dilirik

(2177 Views) March 28, 2016 3:10 am | Published by | No comment

Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing 3.371 m, jelang matahari terbit yang masih diselimuti awan. Diamati dari puncak Gunung Prau 2.565 m Dieng Wonosobo. Terletak di dua wilayah administrasi Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dalam mitos warga, dikisahkan kehidupan kakak beradik, dengan sifat yang berbanding terbalik. Kebaikan dimiliki Ndoro sedangkan Sumbing mempunyai tabiat yang kurang baik, sehingga suatu saat, ia mendapatkan pukulan dari ayahnya, hingga menjadi sumbing. Gunung Sundoro, disebut juga Sindara dengan ketinggian 3.150 m. keduanya merupakan gunung api aktif dan gunung Sindoro termasuk tipe letusan strombolian. Letusan terakhir tahun 2011 terjadi semburan solfatara pada dinding dasar kawah utama. ©2014 Deni Sugandi GUNUNG PRAU Titik panorama gunung purba plato Dieng dengan penyusunya lava andesit dengan komposisi utama piroksen, menjadi tujuan utama para pecinta alam dan wisata minat khusus. Biasnya para pelancong mendirikan tenda di titik tertinggi Gunung Prau, namun karena tidak diatur maka seringkali meninggalkan sampah dan kerusakan vegetasi secara langsung oleh pengunjung. Terdapat dua lokasi pendakian, dari terminal Dieng dengan waktu tempuh 3 jam (6km) dan dari Patakbanteng 2 jam. Dipuncak gunung Prau bisa menyaksikan plato Dieng ke arah selatan dan jajaran Gunung Sumbing-Sindoro di sisi tenggara. Bila cuaca baik, bisa terlihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sebelah timur. ©2014 Deni Sugandi

DutaWisata.Co.Id, Dieng – Team Liputan Khusus Kali ini berada di kawasan pegunungan dieng, untuk menikmati keindahan Sunset dan kesegaran udara di Gunung Prau. Gunung Prau Dieng atau Prahu memang pendek, kadang hanya dilirik sebelah mata oleh pendaki Indonesia, tapi coba rasakan sensasi dalam pelukannya, gunung yang terkenal dengan sebutan Gunung Seribu Bukit.

Hanya memiliki ketinggian 2.565 mdpl, memang tergolong pendek dan juga tidak terkenal seperti gunung2 disekitarnya, ada Sindoro,Sumbing, Slamet, Unggaran, dll. Tapi gunung ini memiliki pesona tersendiri yang tidak kalah dengan gunung2 yang lebih terkenal dikalangan pendaki Indonesia.

Karena bentuk gunung ini memanjang, jadi secara administratif Gunung Prau yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini meliputi wilayah Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal. Di Campa reannya pun terdapat patok batas wilayahnya.

Gunung ini dapat ditempuh melalui beberapa Jalur Alternatif Pendakian. Lewat Jalur utara, bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan kurang lebih 6 Jam.

Alternatif lain jalur pendakian bisa dilakukan melalui Jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Jalur inirelatif lebih singkat, hanya sekitar 2-3 Jam perjalanan yang jalurnya lumayan terjal.

1

Selama pendakian Gunung Prau ini Sahabat Wisata akan mendapati beberapa spot yang sangat indah serta terkenal diantara pendaki. Spot-spot indah di Gunung Prau ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan rela mendaki Gunung Prau ini. Perlu anda ketahui bahwa Gunung Prau di Dieng ini memiliki bentuk yang memanjang dengan ukuran yang lumayan besar.  Wilayah di Gunung Prau ini ada yang masuk dalam wilayah Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal.

Jalur Pendakian Gunung Prau Lewat Dieng

Untuk dapat mendaki Gunung Prau di Dieng ini ada beberapa alternatif jalur pendakian yang dapat anda tempuh. Diantaranya adalah melalui jalur dengan start di Kendal, tepatnya di Desa Kenjuran Kecamatan Sukoreja. Dari titik ini anda harus melakukan perjalanan selama 6 jam untuk sampai ke puncak Gunung Prau. Jalur lain yang dapat anda tempuh adalah melalui jalur di DIeng yang merupakan favorite jalur endakian Gunung Prau. Titik pendakin jalur pendakian Gunung Prau Dieng dimulai dari Desa Patak Banteng dimana waktu tempuh perjalanan ke puncak Gunung Prau hanya sekitar 2-3 jam. Dengan melali jalur pendakian gunung prau via patak banteng anda akan dapat melihat pemadangan Dataran tinggi Dieng yang luar biasa indah.

GUNUNG PRAU DIENG 1

Keindahan Pemandangan Gunung Prau di  Dieng

Bagi anda yang pernah mendaki sebuah gunung pasti sudah tahu betapa indahnya pemandangan yang tersaji di puncak gunung. Apalagi pada saat matahari terbit atau sunrise, cahaya jingga yang nampak di timur akan semakin menambah suasana pagi dan terlihat dramatis. Di Puncak Gunung Prau juga memiliki eindahan yang sangat bagus. Jika anda ingin melihat puncah Prau saat sunrise alangkah baiknya anda berkemah dan membuat tenda di puncak Gunung Prau agar tidak melewatkan moment yang sangat bagus ini. Jangan khawatir, di puncak Gunung Prau banya sekali pendaki yang juga membuat tenda, apalagi pada saat musim liburan. Dan pada saat matahari terbit dapat anda saksikan pemandangan yang menakjubkan dari atas Puncak Gunung Prau. Dari sini anda seperti berada di negeri di atas awan. Bagaimana tidak, awan yang bisanya kita saksikan diatas, di puncak Gunung Prau ini awan berada di bawah kita. Dari kejauhan terlihat Gunung Sindoro dan Sumbing yang menyembul dari putihnya awan tersebut.

Selain pemandangan di puncak yang indah, Gunung Prau juga terkenal dengan beberapa spot di jalur pendakian yang indah. Diantara spot yang indah itu adalah  Taman Bunga Daisy dan Bukit Teletubbies.  Taman bunga daisy di Dieng merupakan tempat dimana banyak ditumbuhi bunga daisy yang indah. Trmpat ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto ria para pendaki. Sedangkan Bukit Teletubbies merupakan sebuah bukit yang menyerupai latar film Teletubbies yang sempat ngetrend beberapa tahun silam. Bukit ini berupa gundukan-gundukan kecil yang banyak ditumbuhi rumput sehingga tampak asri dan indah.

GUNUNG PRAU DIENG 2

Demikian tadi sedikit informasi tentang Pendakian Gunung Prau Dieng dan Spot Indah yang Akan Anda Lewati pada saat mendakinya. Oh ya, sebagai pendaki yang baik selalu jaga alam sekitar sehingga tetap lestari. Jangan buang sampah sembarangan di gunung. Bawalah sampahmu turun dan buang pada tempat yang semestinya.

Categorised in: ,

No comment for Gunung Prau Dieng Pendakian Indah Yang Kurang Dilirik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *