Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Hutan Mangrove Muara Gembong Keindahan Pingiran Bekasi

Hutan Mangrove Muara Gembong Keindahan Pingiran Bekasi

(8726 Views) July 13, 2016 1:02 am | Published by | No comment

hutan mangrove-muara-gembong

DutaWisata.Co.Id, Bekasi – Kabupaten Bekasi memiliki garis pantai 72 kilometer, yang berada di tiga kecamatan di wilayah utara dan membentang dari perbatasan Jakarta sampai perbatasan Karawang, ekosistem mangrove di Kabupaten Bekasi terdapat di tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Babelan, Muara Gembong dan Tarumajaya.

Hutan Muara Gembong terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Di Kecamatan Muara Gembong ada enam desa yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Bakti, Desa Jaya Sakti.
hutan mangruve muara gembong
Kawasan Hutan Gembong memiliki luas + 5.311,15 Ha. Kawasan hutan ini membentang di sepanjang pantai Ujung Krawang (Muara Gembong) yang terletak di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Secara geografis terletak antara 107º 00’ 00’’ BT sampai 107º 06’ 00’’ BT dan 5º 55’ 00’’ LS sampai 6º 05’ 30’’ LS.
Pada kawasan pesisir pantai hutan mangrove ditemukan jenis tumbuhan mangrove sejati terdiri dari 23 jenis yang didominasi oleh Api-api (Avicennia spp.), Bakau (Rhizophora spp.), Pedada (Sonneratia caseolaris). Sedangkan hutan mangrove ikutan terdiri dari 13 jenis yang didominasi oleh Bintan (Cerbera odollam), Kiser (Fimbristylis verruginea) dan Ketapang (Terminalia catappa). Adapun jenis tumbuhan di muara air tawar terdiri dari 11 jenis yang didominasi oleh Kiser (Fimbristylis verruginea) dan Nipah (Nypha fruticans).
Berdasarkan data sekunder, jenis burung yang ditemukan di Kawasan Hutan Lindung Ujung Krawang (Muara Gembong) sebanyak 158 jenis. Dari sejumlah jenis tersebut, 7 jenis merupakan kelompok endemik dan 6 jenis dilindungi berdasarkan kriteria IUCN. Jenis Raja-udang biru Alcedo coerulecens dan Layang-layang batu Hirundo tahitica ditemukan cukup banyak di sepanjang Sungai Citarum dan sungai Bungin. Di pantai bagian utara, terdapat beberapa jenis burung air diantaranya Kuntul Perak (Egretta intermedia), Kuntul Kecil (Egretta garzetta), dan Cangak Abu (Ardea cinerea).
Burung-burung laut seperti Cikalang Christmas ( Fregata andrewsi) dan Dara-laut (Dara-laut jambul dan Dara-laut kecil) yang merupakan jenis burung migran, ditemukan di sekitar pantai. Sedangkan jenis burung Pecuk-padi hitam ditemukan di bagan-bagan di tengah laut.
Lutung-Hitam-Muaragembong
Terdapat 15 jenis mamalia yang didominasi oleh Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dan Surili (Presbitis cristata). Untuk jenis reptilia terdapat 6 jenis dan 3 jenis diantaranya masuk ke dalam Appendix CITES, antara lain Kura-kura Hutan dan Biawak (Varanus salvator). Jenis ikan yang banyak ditemukan di kawasan mangrove adalah Ikan blodok (Periophtalmus sp.)
Objek wisata bahari di Bekasi tersebut dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta silakan ikuti rute menuju Bekasi lewat Tol Jakarta-Cikampek. Selanjutnya masuk ke Jalan Raya Karang Sartia. Ikuti jalan tersebut hingga Jalan Pasar Muara. Dengan mengikuti Jalan tersebut Anda akan sampai Jalan Raya Muara Gembong yang menyusuri tepian Sungai Citarum. Pantai yang Anda tuju ada di ujung jalan itu.
Categorised in: ,

No comment for Hutan Mangrove Muara Gembong Keindahan Pingiran Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *