Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » LIPUTAN KHUSUS » OSIS Camp SMP Kesatuan Bangsa Ke Pangandaran

OSIS Camp SMP Kesatuan Bangsa Ke Pangandaran

(1533 Views) October 2, 2015 7:32 pm | Published by | No comment

Osis Camp SMP Kesatuan Bangsa

DutaWisata.Co.Id, Pangandaran – SMP Kesatuan Bangsa School Yogyakarta kelas 7A pada tanggal 24 – 27 Mei 2015 Mengadakan kegiatan OSIS Camp di kawasan Pantai Pangandaran di daerah Jawa Barat bekerjasama dengan biro wisata Sahabat Tour & Travel.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat belajar dengan kegiatan yang santai dan tetap mengedepankan unsur edukasi didalamya. Selama Pelaksanaan siswi SMP Kesatuan Bangsa ini di dampingi oleh guru Pendamping yaitu Miss Samia dan Miss Luthfi untuk memberikan pengarahan langsng kepada peserta didiknya.

Berangkat dari sekolah SMP Kesatuan Bangsa Yogyakarta tepat pukul 21.00 WIB menuju kawasan pantai pangandaran. Perjalanan kali ini relatif lancar dan sampai di lokasi menjelang subuh, dan dilanjutkan dengan MCK dan Sarapan pagi di restoran lokal.

Water Sport Pantai Pangandaran

Meeting point dilakukan oleh tour guide lokal sebelum berangkat menuju objek wisata ntuk memberikan gambaran kepada rangkaian acara kegiatan dan gambaran umum mengenai wilayah pangandaran. Pada hari pertama objek yang di kunjungi yakni: Wisata Cagar Alam , Taman Laut, Pantai Karang Buaya, Pantai Batu Layar, dan acara bebas berupa Watter Sport dan Snorkling.

Snorkling SMP Kesatuan Bangsa Yogyakarta

Hari kedua merupakan saat yang di tunggu-tunggu untuk mengujungi wisata alam paling faforit di pangandaran yaitu Green Canyon yang sebenarnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon SMP Kesatuan Bangsa
Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca. Mungkin dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut Green Canyon, di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban dan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa.

Perjalanan akan terus berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding untuk menyajikan keindahan tersendiri, yang paling unik berbentuk menyerupai sebuah gua yang atapnya sudah runtuh. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan. Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.

Alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Sebagian peserta dari Rombongan SMP kesatuan Bangsa  yang suka menantang adrenalin,  meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam. Wah Seru kan…

Pantai Batu Hiu
Seelah puas bermain di Green Canyon, dilanjutkan menuju objek wisata pantai yang tidak kalah terkena yaitu Pantai Batu Karas yang terkenal dengan olahraga selancar, tak heran di tempat ini dijumpai banyak wisatawan mancanegara yang hobby berselancar di alunan ombak yang bersahabat. Tidak mau kalah dengan wisatawan lain merasakan serunya permainan di laut, peserta tergoda kembali bermain watter sport sampai menjelang petang sebelum menju Pantai Batu Hiu dan Penangkaran Penyu.
Out Bound di Pantai Pangdaran
Outbound di pantai adalah menu utama di hari terakhir, disinilah peserta mencoba berbagai permainan edukasi yang di pandu oleh pembimbing dari Sahabat Tour & Travel. Setelah chek-out hotel peserta di manjaka dengan menu makan siang istimewa menjajal kuliner sate galunggung dengan ciri kuah lezatnya.
Sate Galunggung Pangandaran
tepat pukul 13.00 WIB rombongan kembali menuju kota Yogyakarta, dan sempat singgah makan malam di Rumah Makan Pringsewu Banyumas menikmati kuliner masakan gurameh, dan tepat pukul 22.00 seperti rencana tiba kembali di SMP Kesatuan Bangsa Yogyakarta dengan berbagai cerita di Pangandaran.
Makan Malam di Preingsewu Sababat tour And Travel
Categorised in: ,

No comment for OSIS Camp SMP Kesatuan Bangsa Ke Pangandaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *