Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » KULINER » Nikmatnya Clorot Makanan Khas Purworejo

Nikmatnya Clorot Makanan Khas Purworejo

(1141 Views) April 4, 2016 2:58 am | Published by | No comment

clorot1

DutaWisata.Co.Id, Purworejo – Berkunjung ke kota yang berslogan Purworejo, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi atau membeli makanan khas daerah tersebut. Salah satu makanan khas Purworejo yang sekaligus bisa dijadiin oleh – oleh adalah Clorot.

Clorot makanan khas purworejo ini terbuat dari tepung beras dicampur gula merah, santan kelapa, sedikit garam, dan daun pandan sebagai aromanya sehingga menyerupai jenang inimemang cukup unik dan sangat khas sekali. Adonan dimasukkan wadah yang terbuat dari janur kuning yang diulin sampai membentuk kerucut mirip mainan terompet daun kelapa kemudian dikukus.

Clorot bentuknya memang unik sehingga membuat banyak orang penasaran jika mendengar namanya. Selain itu, ternyata cara makannya pun juga unik. Untuk yang belum tahu dan belum pernah makan pasti akan membuka wadahnya tersebut.

clorot3

Padahal cara tersebut justru salah, karena untuk memakannya cukup sederhana dan nggak perlu ribet yaitu dengan cukup dengan mendorong bagian bawah wadah clorot yang terbuat dari janur tersebut. Kemudian setelah isinya terlihat keluar barulah langsung di makan. Kedengarannya sih ribet bagi yang belum pernah,tetapi kalau sekali mencoba pasti akan ketagihan deh.  Teksturnya yang lembut dan kenyal ditambah dengan rasanya yang merupakan perpaduan antara manis dengan gurih membuat Clorot sangat enak sekali rasanya.

Clorot sendiri sering disajikan pada acara hajatan maupun hidangan saat lebaran. Tak jarang juga sering dijadikan untuk oleh – oleh bagi para sanak saudara yang ada di luar kota. Para penelusur nggak perlu khawatir karena clorot tahan selama 2 hari kok.

Jika para pecinta kuliner ingin membeli clorot, untuk saat ini sudah mulai susah ditemukannya. Namun para penelusur nggak usah risau karena di Pasar Grabag yang berjarak kurang lebih 30km dari pusat purworejo masih banyak kok yang jual. Grabag sendiri memang terkenal sebagai daerah asalnya Clorot.

Categorised in:

No comment for Nikmatnya Clorot Makanan Khas Purworejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *