Wisata Menantang Goa Kalisuci Wonosari Gunungkidul

Cave-Tubing-Goa-Kalisuci-Yogyakarta

DutaWisata.Co.Id , Gunungkidul – Disebut Kalisuci karena di Kalisuci terdapat mata air yang terletak disebelah atasaliran sungai yang airnya sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai keruh ketika musim hujan. Sumber mata air ini dulunya merupakan satu-satunya sumber kehiduoan masyarakat sekitar untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, baik untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain. Tanpa dimasak, air dari sumber air Kalisuci bisa langsung di minum tanpa takut akan sakit, karena sumber air tersebut belum tercemar limbah apapun.

Menurut cerita sesepuh dusun sumber mata air goa Kalisuci Wonosari Gunungkidul dipercaya bisa menyembuhkan penyakit walaupun belum pernah diuji kebenaran cerita tersebut.

Tidak hanya mata air yang ada di Kalisuci yang jadi misteri tapi pemandangan yang luar biasa indahnya juga bisa menghilangkan kepenatan setalah sepekan bergelut dengan pekerjaan. Kita bisa melihat tebing-tebing batu kapur yang begitu indah ditambah air yang jernih begitu menyegarkan .

Pemandangan dalam goa yang biasanya cuma bisa kita lihat di Discovery Channelatau dari majalah-majalah, bisa langsung dinikmati di Kalisuci.  Keindahan stalagtit dan stalagmit serta cericit kelelawar yang bergelantungan di atas langit-langit goa menambah suasana semakin mencengangkan dan menakjubkan.

Wisata cave tubing Goa Kalisuci berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 60km atau 1,5-2jam perjalanan dari kota Jogja. Cave tubing di Goa Kalisuci ini sebenarnya adalah wisata Cave tubing yang pertama di Indonesia, jauh sebelum Goa Pindul mulai menawarkan wisata yang sama.

Tubing-Goa-Kalisuci-wonosari

Bagi yang suka sedikit pacuan adrenalin, menelusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Kalisuci ini sangat patut dicoba. Arusnya cenderung lebih kencang dibandingkan dengan sungai di dalam Goa Pindul.

Wisata cave tubing Goa Kalisuci ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) desa setempat, dan merupakan wisata cave tubing pertama di Indonesia. Iya, bahkan sebelum Goa Pindul terkenal. Disebut “Kalisuci” karena terdapat mata air dan aliran sungai yang tetap jernih meskipun ketika musim hujan.

Sampai di lokasi basecamp pengelola, untuk memulai aktivitas seru ini, kita harus menuruni tangga tebing bebatuan yang cukup curam. Serunya sudah dimulai sejak perjalanan turun menuju pintu goa. Jalan turun dengan waktu tempuh sekitar 10 menit ini cukup menegangkan bila sebelumnya ada hujan. Seru!

Jarak tempuh cave tubing di Goa Kalisuci ini sekitar 500m, dengan kedalaman air 1-3m. Membutuhkan waktu ±1,5-2jam menyusuri keseluruhan goa yang ditawarkan oleh wisata cave tubing Goa Kalisuci, mulai dari Goa Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan terakhir Goa Mburi Omah.

Dalam wisata cave tubing Goa Kalisuci ini kita akan ditemani oleh pendamping yang profesional. Selain mengarahkan perjalanan, mereka akan menjelaskan potensi dan cerita-cerita apa saja yang dimiliki oleh Goa-goa yang dilewati.

Untuk keamanan, kita diwajibkan memakai perlengkapan-perlengkapan yang telah disiapkan seperti helm pengaman dan jaket pelampung.

Di sepanjang perjalanan susur sungai di dalam Goa Kalisuci kita akan menemukan pemandangan-pemandangan yang menakjubkan. Keindahan Stalaktit dan Stalakmit yang ada benar-benar akan membuat kita terpukau oleh keindahan di dalam perut bumi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *