Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Yogyakarta Siap Menyambut Jutaan Wisatawan Lebaran

Yogyakarta Siap Menyambut Jutaan Wisatawan Lebaran

(943 Views) June 16, 2016 12:32 pm | Published by | No comment

Wisata Alam Lebaran di Yogyakarta

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Yogyakarta Siap menyambut jutaan wisatawan yang akan memadati berbagai obyek wisata di Yogyakarta selama liburan lebaran tahun ini. Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap menyambut kehadiran pemudik yang akan berwisata di sejumlah tempat di Yogyakarta. Berbagai kegiatan/agenda pariwisata akan digelar di berbagai tempat obyek wisata di Yogyakarta.

“Ada tren kunjungan wisatawan saat lebaran setiap tahun meningkat. Untuk tahun ini juga ada peningkatan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta kepada wartawan di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Jl Malioboro, Kamis (16/6/2016).

Aris mengatakan selama libur lebaran mulai tanggal 2-10 Juli, kenaikan jumlah wisatawan diperkirakan sebesar 10-15 persen dibandingkan tahun lalu. Dengan rata-rata lama kunjungan selama lebih kurang 3 hari itu, jumlah wisatawan yang datang di berbagai obyek wisata mencapai 2,5 juta orang. Untuk puncak liburan selama lebaran diperkirakan terjadi pada dari Jumat 8 Juli hingga Minggu 10 Juli 2016.

“Jumlah tersebut kami hitung berdasarkan pergerakan wisatawan mengunjungi obyek wisata di setiap hari, yakni 2-3 tempat,” katanya.

Setelah berlebaran bersama keluarga di kampung atau tanah kelahiran lanjut Aris, wisatawan biasanya kemudian mengunjungi beberapa obyek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Dinas pariwisata di kabupaten/kota se-DIY saat ini juga telah menyiapkan berbagai kegiatan/atraksi kesenian di obyek-obyek wisata selama libur lebaran.

Menurut dia ada puluhan obyek wisata pantai, gunung dan desa wisata yang ada di Yogyakarta. Hampir semua tempat wisata juga menggelar berbagai atraksi seni tradisional dan modern. Selain itu, obyek wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko yang di kelola PT Taman Wisata juga menyiapkan berbagai acara di tempat itu.

Dia mencontohkan untuk Kabupaten Bantul diantaranya digelar di kawasan Pantai Gua Cemara Srandakan, Pantai Parangtritis dan Goa Selarong. Kulonprogo diantaranya di Pantai Glagah, Waduk Sermo dan kawasan kebun teh Nglinggo di perbukitan Menoreh. Kabupaten Sleman di antaranya di Kaliurang, Museum Gunung Merapi dan kawasan desa wisata. Sedangkan di Gunungkidul diantaranya di Pantai Sundak, Krakal, Ngrenehan, kawasan air terjun Sri Gethuk Bleberan, Gua Kalisuci dan Gua Pindul.

“Khusus untuk Kota Yogyakarta, kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo dan pusat oleh-oleh akan menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung saat lebaran nanti,” katanya.

Aris menambahkan Dinas Pariwisata DIY juga menyiapkan 4 posko lebaran yakni di Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu Yogyakarta, kantor Tourist Information Center (TIC) Malioboro dan kantor Dinas Pariwisata DIY di Jl Malioboro.

“Untuk posko Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Dinas Parisiwata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Pramuka dari Saka Wisata,” katanya. DMs

Categorised in:

No comment for Yogyakarta Siap Menyambut Jutaan Wisatawan Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *