Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Situs Pesanggrahan Warungboto Di Rejowinangun Kini Semakin Cantik

Situs Pesanggrahan Warungboto Di Rejowinangun Kini Semakin Cantik

(902 Views) December 31, 2016 7:45 am | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Situs Pesanggrahan Warungboto Di Rejowinangun Kini Semakin Cantik Setelah Renovasi. Tak nampak lagi bangunan reruntuhan yang teronggok seperti beberapa tahun lalu. Kini selain bangunan utama berupa pendopo, kolam dan masjid ada lagi bangunan yang selesai direnovasi yaitu bangunan sisi selatan yang bertingkat nampak anggun dipandang mata.

Dengan memepertahankan warna dan ciri khasnya bangunan Situs Warungboto yang didirkan pada tahun 1785 ini seolah mengajak wisatawan bercengkerama mesra dengan keindahan seni masa lalu. Tak ketinggalan adik raja keraton Yogyakarta, GBPH Hadiwinoto juga mengungkapkan kekagumannya atas situs yang sempat terbengkalai tersebut. Dia meyakini nantinya situ ini akan mampu menyaingi Tamansari yang di masa musim liburan selalu dipenuhi

“Kita memang harapkan Jogja ini banyak peninggalan-peninggala yang bisa kita angkat kembali sehingga bisa menambah ikon wisata bagi kota jogja sendiri yang makin krodit saat liburan dan makin penuh seperti di Tamansari,” ujar Gusti Hadi, Jumat (23/12/2016).

Dia menambahkan dari beberapa cerita sebenarnya ada sekitar 13 situs pesanggrahan yang dibangun di zaman Hamengkubuwono II namun sayangnya tidak semuanya masih bisa ditemukan. Karenanya dia mengapresiasi langkah BPCB yang sejak lama bekerjasama dengan Keraton Ngayogyakarta guna menghidupkan kembali situs-situs seperti Warungboto ini.

Pemugaran sendirinya menurutnya bukan hanya pada bangunan milik keraton namun juga milik masyarakat namun memiliki nilai sejarah yang tinggi seperti Kotagede. “Kalau dulu kan sudah tamansari yang terdepan juga tadi sudah dibicarakan tentang Goa Siluman tentu kita berharap semuanya berlanjut,” tambahnya.

Ke depan dia berharap bahwa situs ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi Yogyakarta tapi juga harus bisa memberi barokah kepada masyarakat yang ada di sekitarnya. “Makanya saya sampaikan supaya masyarakat, pengalaman kami Tamansari setelah kita pugar pengunjungnga makin meningkat makanya warga sini ibu-ibu PKK harus kreatif memanfaatkannya karena kunjungan makin ramai tapi jangan sampai rebutan kaya Gunungkidul harus tetap guyub rukun,” urai Gusti Hadi.

Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya DIY Winston SD Mambo, mengatakan pemugaran situs Warungboto adalah salah satu prioritas yang harus dikerjakan tahun ini dan dia bersyukur proyek rehabilitasi kedua ini dapat berjalan dengan lancar dan selesai sesuai target.

Pihaknya mengakui cukup kesulitan melakukan rehabilitasi ini karena minimnya data yang digunakan utk rekonstruksi. Selain itu karena faktor alam seperti gempa maka tingkat ekutuhannya sudah sangat kecil dan makin rawan untuk direhabilitasi.

“Banyak yang ahli yang terlibat di dalamnya selain arkeolog kita juga ada geolog serta ada ahli-ahli di bidang pertanhan kosntruksi dan lainnya,” ujarnya. Kasi Pelindungan Pengembangan dan Pemanfaatna BPCB DIY Wahyu Astuti menambahkan rehabikitasi tahap kedua ini dilakukan sejak akhir april yang lalu dengan melibatkan 46 orang tenaga kerja dan 39 tukang.

Walaupun saat ini luasannya cukup luas namun diakui bangunan saat ini baru setengahnya dari bangunan asli yang ada.

Sayangnya untuk mengembalikan menjadi utuh diakuinya sangat berat karena sebagian lahannya sudah menjadi bangunan hunian warga. “Kalau yang asli luas sampai di tepi Sungai Gajahwong, jadi halamannya di sana menghadap sungai,” ujarnya.

Astuti meminta agar masyarakat dan wisatawan untuk ikut menjaga kelestarian situ tersebut.

“Untuk pre wedding misalnya ya tetap boleh tapi lapor ke kita dahulu, kan nanti kita arahkan misalnya gak boleh pakai sepatu high heel karena berpotensi merusak atau jangan pakai pakaian gaya Eropa karena tidak pas,” pungkasnya.

Categorised in: ,

No comment for Situs Pesanggrahan Warungboto Di Rejowinangun Kini Semakin Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *