Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Setiap Selasa Wage PKL Sepakat Tutup 24 Jam Untuk Reresik Malioboro

Setiap Selasa Wage PKL Sepakat Tutup 24 Jam Untuk Reresik Malioboro

(294 Views) September 19, 2017 11:26 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Malioboro adalah Jogja. Belum pernah ke Jogja kalau belum ke Malioboro. Para traveler pun meyakini hal tersebut. Keunikan jalan legendaris di pusat kota Jogja ini begitu ngangeni, membuat kangen siapa pun untuk datang lagi.

Apalagi kini, trotoar atau pedestrian di jalan Malioboro sudah dibenahi. Menjadi tempat yang menarik untuk foto selfie. Merasa memiliki dan menaruh hidup dari mengais rezeki di sini, para pedagang kaki lima (PKL) Malioboro pun tahu diri. Ikut menjaga kebersihan bukan lagi pilihan.

Menjaga Malioboro bersih merupakan kewajiban. Maka para pedagang pun bersepakat, memilih hari untuk bersih-bersih Malioboro. “Inisiatif yang sangat bagus, karena kebersihan dan kesehatan itu bagian penting dalam pariwisata Indonedia,” kata Arief Yahya Menpar RI.

“Sebenarnya agama juga sudah mengajarkan, bahwa kebersihan itu separoh dari iman. Di TTCI, travel and tourism competitiveness index, ada 14 pilar yang dilihat dalam menilai daya saing pariwisata dunia. Salah satunya, healty and hygiene! Jadi, standar dunia pun mensyaratkan seperti itu,” ungkap Arief Yahya.

Dipilihlah setiap Selasa Wage. Di hari ini, Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro libur 24 jam. Meeka sepakat untuk rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih. Setiap 35 hari sekali, akan dilakukan kegiantan Reresik Malioboro. Selama 24 jam pedagang kaki lima akan libur berdagang untuk memberi kesempatan pembersihan.

Kesepakatan ini dicapai pada Rapat Koordinasi Reresik Malioboro Selasa Wage yang diadakan di ruang Rapat Antasena Kompleks Balai Kota Yogyakarta. Hadir dalam rapat tersebut Asisten Walikota, DLH Kota Yogya, Dishub, LLAJ, Satpol PP, Dinas Pariwisata, UPT Malioboro, Komunitas Reresik Sampah Visual Merdekave, dan Garuk Sampah.

Reresik Malioboro Selasa Wage ini dikoordinaikan oleh UPT Malioboro serta melibatkan para pelaku ekonomi di sekitar Malioboro. Juga melibatkan Komunitas Pedagang Kaki Lima Malioboro, Komunitas Becak, Komunitas Andong, Komunitas Lingkungan, DLH Kota, Dishubkominfo, Kepolisian, BPBD, serta masyarakat sekitar.

Kegiatan Reresik Malioboro Selasa Wage ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan Malioboro selama 24 jam setiap Selasa Wage. Malioboro akan istirahat dari segala macam aktifitas, kecuali bagi pejalan kaki. Bersih-bersih akan diadakan rutin. Namun diawali tahap ujicoba pada Selasa Wage, 26 September 2017.

Teknis kegiatan ini akan dimulai dari pukul 00.00 dini hari hingga 09.00 WIB. Dibuka secara simbolik oleh Walikota Yogyakarta. Dengan semangat untuk menidurkan atau mengistirahatkan sementara Malioboro, acara ramai-ramai akan dibatasi. Dan akan dipertimbangkan kembali di rencana Selasa Wage berikutnya.

Categorised in: ,

No comment for Setiap Selasa Wage PKL Sepakat Tutup 24 Jam Untuk Reresik Malioboro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *