Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Erupsi Gunung Agung Sektor Pariwisata Bali Alami Kerugian Rp. 9 Triliun

Erupsi Gunung Agung Sektor Pariwisata Bali Alami Kerugian Rp. 9 Triliun

(198 Views) December 18, 2017 7:46 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Denpasar РErupsi Gunung Agung pada akhir November 2017 lalu masih menyisakan dampak besar terhadap Bali. Selama gunung itu erupsi, pariwisata Bali rugi hingga Rp 9 T. Selama 36 hari aktivitas Gunung Agung menjadi perhatian dunia, sektor pariwisata Bali mengalami kerugian hingga Rp 9 Triliun. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Bali itu minimal 15 ribu turis asing per hari, ini sudah 36 hari jadi kira-kira Rp 9 Triliun untuk Bali sendiri. Total lost untuk nasional Rp 15 triliun,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di kantor Bali Tourism Board, Jl Raya Puputan, Denpasar, Bali, Senin (18/12/2017) petang.

Angka Rp 9 Triliun ini dinilai sangat besar, jika dibandingkan dengan APBD Provinsi Bali 2017 yang sebesar kurang lebih Rp 6 triliun. Walau begitu, Arief menyatakan pemerintah optimis pariwisata Bali bisa pulih kembali.

“Perkembangannya bagus sekali, hari ini laporan 11 ribu turis asing sudah mulai tiba di Bali. Kita harapkan kembali ke 15 ribu turis asing per hari dulu, meskipun harapan saya bisa sampai 25 ribu orang per hari,” ujar Arief.

Sementara untuk turis domestik, Arief menjelaskan, jumlahnya 1,5 kali lipat dari turis mancanegara. Tahun ini, turis domestik diperkirakan telah mencapai 9 juta orang.

“Jadi wisatawan Nusantara kurang lebih 9 juta orang dan wisatawan mancanegara mencapai kurang lebih 5 juta orang,” ucap Arief.

Namun Arief tidak memungkiri terjadinya penurunan jumlah wisatawan secara umum di Bali pada penghujung tahun 2017 ini. Jika pariwisata Bali terus terdampak oleh aktivitas Gunung Agung, maka bisa saja terjadi PHK.

“Kalau kondisi seperti ini terus, mungkin saja terjadi PHK. Tapi puji Tuhan, ada berita bagus, turning point begitu pemerintah mengumumkan Bali aman, status level 2 atau waspada, maka tidak akan terjadi PHK. Maka Menpar ke Bali mau promosi besar-besaran,” ungkap Arief.

Categorised in:

No comment for Erupsi Gunung Agung Sektor Pariwisata Bali Alami Kerugian Rp. 9 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *