Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kebun Teh Tembi Wonosobo Sejuk dan Mempesona

agro wisata kebun teh tembi

DutaWisata.Co.Id, Wonosobo – Hamparan luas kebun teh yang menghijau langsung memanjakan mata siapa saja yang menjejakan kaki di Agrowisata Tambi.

Kebun Teh Tembi Wonosobo yang berada di Kabupaten Wonosobo, memang menjadi destinasi wisata andalan kabupaten tersebut.

Sesuai dengan namanya, perkebunan teh ini terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Dijelaskan Puji Ikhsani selaku Kepala Seksi Operasional Wisata Agro Tambi, perkebunan teh Tambi terbagi ke dalam tiga wilayah.

kebun Teh di sini ada di tiga tempat, yakni di Tambi ini sendiri, di Pedagah, dan di Tanjung dengan luas keseluruhan mencapai 830 hektare. Luas kebun yang ada di Tambi ini sekitar 270 hektare. ujar Puji. Perkebunan Tambi berada di wilayah paling tinggi dengan ketinggian dari 1.400 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut.

Berada diketinggian tersebut anda akan merasakan udara yang sejuk dan segar. Meskipun berada di tengah pedesaan, tetapi cukup mudah untuk mencapainya.

Tambi bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Wonosobo yang hanya berjarak 16 kilometer ke arah utara.

Angkutan umum juga ada. Anda bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo-Dieng dan turun di Desa Tambi, lalu melanjutkan perjalanan yang berjarak 200 meter dari jalan utama.

Perkebunan ini sendiri telah ada sejak tahun 1865 dan dirikan oleh Pemerintah Belanda. Setelah kemerdekaan perusahaan tersebut diambil alih dan berganti nama menjadi NV. Tambi pada tahun 1957.

Jika menyusuri kebun teh pada pagi hari, pengunjung akan mendapati para pemetik teh yang sebagian besar adalah perempuan sedang memetik teh menggunakan gunting berukuran besar yang telah dimodifikasi. Setiap harinya kami mulai memetik teh dari jam enam pagi hingga 12 siang.

Pengelola Tambi menyediakan beragam paket wisata kepada wisatawan, mulai dari paket standar, dimana wisatawan akan diajak mengelilingi perkebunan teh, proses pengolahan teh di pabrik, hingga menikmati teh.

Ketiga kebun teh Tambi bisa dikunjungi wisatawan, tetapi dengan konsep yang berbeda-beda. Di Tambi ini konsepnya Pondok Wisata, maka di sini tersedia beberapa home stay untuk bermalam. Ada sekitar 22 rungan yang mampu menampung hingga 150 orang

Obyek wisata ini sangat cocok sebagai alternatif liburan bersama keluarga. Selain itu tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat gathering ataupun outbond dari berbagi intansi dan komunitas.

Lokasi ini juga dekat dengan berbagai obyek wisata lainya yang ada di Wonosobo, seperti kawasan dataran tinggi Dieng, Telaga Menjer, hingga Sikunir,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *