Menu Click to open Menus
Home » HOME » Jadwal Baru KAI Berlaku 1 April 2017, Kereta Batara Kresna Lebih Pagi

Jadwal Baru KAI Berlaku 1 April 2017, Kereta Batara Kresna Lebih Pagi

(426 Views) March 22, 2017 11:31 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Sejak dioperasionalkan pada Maret 2015, okupansi kereta perintis Batara Kresna hingga saat ini terus meningkat. Kereta buatan PT INKA Madiun ini rata-rata 50 persen pada hari biasa dan bisa mencapai 100 persen pada saat akhir pekan.

Mengantisipai hal tersebut Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengubah jadwal perjalanan Batara Kresna rute Stasiun Purwosari (Solo)-Stasiun Wonogiri mulai 1 April 2017 untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Setelah evaluasi dan mempertimbangkan beberapa hal, maka dilakukan perubahan jadwal perjalanan Kereta Batara Kresna. Harapannya warga lebih bisa memanfaatkannya dengan optimal,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu (22/3/2017).

Keberangkatan pertama dari Stasiun Purwosari ditetapkan menjadi pukul 04.00 WIB setiap hari dan dijadwalkan tiba di Stasiun Wonogiri pada pukul 05.45 WIB. Kereta akan kembali diberangkatkan dari Stasiun Wonogiri pada pukul 06.00 WIB dan tiba di Purwosari pada pukul 07.45 WIB.

Dari Stasiun Purwosari, kereta akan kembali diberangkatkan pada 08.00 WIB dan tiba di Wonogiri pada 09.45 WIB dan kembali ke Purwosari pada pukul 10.00 WIB dan tiba pukul 11.45 WIB.

“Karena kereta berangkat sangat pagi dari Purwosari, maka dimungkinkan belum banyak penumpang yang naik. Tetapi dari Wonogiri akan banyak penumpang yang naik karena bersamaan dengan jadwal masuk kantor,” katanya.

PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta optimistis perubahan jadwal perjalanan kereta tersebut akan meningkatkan okupansi penumpang. “Tentunya, kami akan terus mengevaluasi jadwal perjalanan kereta. Jika ada masukan, maka masyarakat bisa menyampaikannya. Misalnya tambahan perjalanan untuk sore hari,” pungkasnya.

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terhadap jasa transportasi Kereta Api (KA), Daop 6 akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017 mulai 1 April 2017. Perubahan Gapeka Ini Ditetapkan berdasarkan keputusan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dengan surat No. KA.07/SK.332/DJKA/12/16.

Dalam keterangan persnya Rabu (22/3/2017) disebutkan, perubahan Gapeka 2017 meliputi Jumlah frekuensi KA, Penyesuaian jadwal perjalan KA jarak jauh dan KA lokal, Penyesuaian pengisian air di KA serta Peningkatan kecepatan pada beberapa KA. Beberapa faktor tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebagai konsumen dengan tetap memperhatikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang.

Dalam Gapeka 2017, PT KAI Daop 6 bakal menampah 4 frekuensi KA jarak jauh yaitu Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya Gubeng – Jember PP dan Joglokerto relasi Solobalapan – Purwokerto PP. Untuk jadwal perjalanan KA, Gapeka 2017 secara keseluruhan tak jauh dengan Gapeka sebelumnya (maju dan mundur berkisar 10 hingga 15 menit).

Categorised in: , ,

No comment for Jadwal Baru KAI Berlaku 1 April 2017, Kereta Batara Kresna Lebih Pagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *