Geplak Bantul Kuliner Pilihan Saat Berwisata di Yogyakarta

geplak-bantulDutaWisata.Co.Id, Bantul – Geplak Bantul adalah sebuah makanan khas dari Kota Bantul yang sudah cukup terkenal dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Geplak berbentuk bulatan-bulatan dari daging kelapa yang disajikan dengan rasa manis. Awalnya geplak yang merupakan kekayaan kuliner berasa manis ini hanya memiliki warna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

Dahulu geplak sering dijadikan masyarakat sebagai makanan utama pengganti beras. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan pembuat geplak yaitu daging kelapa serta berlimpahnya lahan tebu yang diolah untuk menjadi gula di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini. Melimpahnya bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik dinama bahan makanan susah ditemukan inilah yang membuat masyarakat menjadikannya makanan pengganti beras atau nasi.

Dalam perkembangannnya saat ini makanan khas Bantul tersebut lebih dikenal oleh masyarakat sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta dengan rasa manis. Akan lebih nikmat lagi ketika geplak dinikmati selagi masih panas. Penjual geplak saat ini banyak ditemukan dipusat oleh-oleh di Yogyakarta sebagai oleh-oleh wisatawan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta direkomendasikan juga membeli geplak dengan rasa manis sebagai alternatif oleh-oleh.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum pernah mencicipi rasa dari Kue Geplak Khas Jogja ini. Namun Jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah tapi tidak tahu resepnya. Tenang saja….karena berikut ini merupakan Resep Membuat Kue Geplak Khas Jogja yang bisa Anda coba. Yuk langsung saja simak resepnya!

BERIKUT INI RESEP MEMBUAT KUE GEPLAK:

Bahan-bahan:

375 gram tepung beras
250 gram gula pasir
1/2 gelas air matang
1/2 butir kelapa kemudian diparut memanjang
Garam secukupnya

Cara Membuat Membuat Kue Geplak Khas Jogja:

Pertama sangrailah terlebih dahulu tepung beras hingga kering, kemudian tambahkan kelapa parut dan aduk-aduklah hingga rata lalu sisihkan
Dilain tempat rebus gula bersama air hingga mendidih dan gulanya larut kemudian angkat
Masukan adonan kelapa kemudian aduk-aduk dengan cepat hingga gula beserta kelapa benar-benar tercampur dan juga mengental
Jika sudah ambil adonan kemudian bentuk bulat-bulat kira-kira sebesar bola ping-pong
Tunggu hingga dingin dan mengeras
Nb: bila suka ketika membuatnya bisa diberi pewarna khusus makanan dengan warna sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *