Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Wisata Air Pemandian Umbul Pluneng Klaten Rasakan Kesegaran Air Alami

Wisata Air Pemandian Umbul Pluneng Klaten Rasakan Kesegaran Air Alami

(1217 Views) February 14, 2017 8:47 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Klaten – Wisata Air berupa Pemandian atau yang disebut Umbul di desa Pluneng, Klaten memang menyajikan kesegaran air yang alami. Mata air dari dalam tanah yang ditampung dalam sebuah kolam ikan, karena memang ada ikan kecil kecil nya, hahaha.. Di desa pluneng ada dua pemandian yang berdekatan

Pemandian ini terletak di Desa Tempel, Kelurahan Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada di dekat Gereja Roh Katholik Kebonarum, jika ingin kesana mudah jalannya kok, bisa melalui pertigaan PG.Gondang, ke utara, ikuti jalan aspal saja, nanti ada pertigaan di desa basin, belok kanan, terus melewati jembatan, ada pertigaan ringin kiri jalan, lurus saja nanti jarak 200m ada pertigaan lagi agak serong, ambil jalan lurus, jangan serong kanan ya, kemudian ada pertigaan lagi silahkan belok kiri, maka akan sampai di dusun Tempel, Pluneng.

Pemandian ini memiliki Luas 700 m2 dan kedalaman Kedalaman 2 m. biasanya sering dinamakan “Umbul Lanang” oleh penduduk setempat. Pemandian Tirtamulyana berukuran lebih besar daripada Pemandian Tirtomulyani. Dahulunya pemandian ini digunakan untuk pemandian laki-laki dan perempuan, kemudian atas perintah sunan Paku Buwono X, antara laki-laki dan perempuan tempatnya harus terpisah, selanjutnya para perempuan ditempatkan di pemandian Tirtomulyani, yang berlokasi di sebelah timur pemandian Tirtomulyono.
Setiap tahunnya di pemandian Tirtomulyono diadakan upacara adat “ciblon” sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas air melimpah yang tersedia di Pluneng. Setiap tahunnya juga diadakan kegiatan “padusan”, kegiatan ini diselenggarakan setiap bulan ramadhan, tepatnya satu atau dua hari sebelum Puasa ramadhan.

Pemandian Tirtomulyani

Pemandian ini Luasnya 400 m2 dan yang pasti lebih dangkal daripada umbul yang satunya. Objek wisata ini terletak di Desa Karang Lor, letaknya sebelah kanan jalan utama dari pluneng ke jagalan,karangnongko. Pemandian ini biasanya sering dinamakan “Umbul Wedok” oleh penduduk setempat. Pada pemandian terdapat Patung Budha yang berukuran besar. Konon menurut cerita penduduk setempat, Pemandian Tirtomulyani ini dulunya dihuni oleh seekor ular naga raksasa yang mengganggu kehidupan masyarakat yang hidup di sekitar pemandian, karena setiap ada kambing atau sapi yang lewat, ular naga tersebut akan langsung melahapnya.Sebelum Menjadi umbul Dulunya adalah tempat Pemandian Hewan Ternak Milik Penduduk Sekitar yang Sekarang Menjadi Tempat Wisata Pemandian Tiap Tahun Nya Di adakan Padusan Yang Sering Di Peringati Oleh Masyarakat Pluneng 3 Hari Sebelum Puasa.umbul wedok Ini Pasti Ramai Di kunjungi Kaula muda,anak-anak,Bahkan Para Orang tua

Categorised in: ,

No comment for Wisata Air Pemandian Umbul Pluneng Klaten Rasakan Kesegaran Air Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *