Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Jokowi: Fasilitas Borobudur Berstandar Internasional

Jokowi: Fasilitas Borobudur Berstandar Internasional

(407 Views) January 30, 2016 1:39 am | Published by | No comment

jokowi-bentuk-otoritas-borobudur

DutaWisata.Co.Id, Magelang – Presiden Joko Widodo meminta kompleks Candi Borobudur segera dibenahi agar bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Dalam rapat terbatas percepatan wisata Candi Borobudur, Jokowi menyoroti beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembenahan Candi Borobudur.

“Fasilitas harus standar internasional. Toiletnya berstandar (hotel) bintang empat meski untuk umum,” kata Jokowi, Jumat, 29 Januari 2016.

Menurut Jokowi, fasilitas di kawasan Fasilitas Borobudur Berstandar Internasional harus diutamakan. Selain itu, atraksi seni budaya, integrasi antar-obyek wisata, dan peluang meningkatkan jumlah pengunjung harus menjadi perhatian.

Terkait dengan atraksi budaya, Presiden berharap setiap pekan ada penampilan seni budaya. Menurut dia, ada banyak atraksi dan seni budaya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bila tak cukup, penampilan seni dari seluruh Indonesia pun bisa dipentaskan.

Selain itu, masalah yang disoroti Jokowi adalah manajemen pengelolaan Candi Borobudur. Jokowi ingin pengelola dipegang oleh satu otoritas saja. Sebab, selama ini manajemen pengelolaan Candi Borobudur disebut dibagi menjadi empat zonasi. “Kalau kapal nakkodanya empat, nanti empat bingung. Jadi harus diputuskan,” katanya.

Dengan pembenahan tersebut, menurut Jokowi, wisatawan yang datang bisa meningkat. Menurut dia, berdasarkan data 2014, jumlah wisatawan asing yang datang ke Candi Borobudur hanya mencapai 250 ribu orang. Sedangkan wisatawan domestik mencapai 2,2 juta. Menurut Jokowi, masih ada peluang menarik wisatawan dari kawasan Asia Tenggara, Eropa, dan Cina.

Rapat terbatas dihadiri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hadir juga Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Jokowi mengatakan Candi Borobudur telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Karena itu, candi tersebut mesti terus dilestarikan. “Pengembangan ini mesti disiapkan dengan baik,” kata Jokowi

Categorised in:

No comment for Jokowi: Fasilitas Borobudur Berstandar Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *