Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Banyuwangi Siap Sambut Lonjakan Wisatawan Hingga 500 Persen Libur Akhir Tahun

Banyuwangi Siap Sambut Lonjakan Wisatawan Hingga 500 Persen Libur Akhir Tahun

(273 Views) December 27, 2016 2:49 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Banyuwangi  – Banyuwangi Siap Sambut Lonjakan Wisatawan Hingga 500 Persen Libur Akhir Tahun. Menyambut musim liburan akhir tahun, Pemkab Banyuwangi telah melakukan sejumlah persiapan. Para pelaku usaha pariwisata telah diajak berkoordinasi untuk memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan yang biasanya melonjak hingga 500 persen pada libur akhir tahun.

”Kami persiapan sejak Oktober 2016 untuk menyambut peak season pada akhir tahun 2016 berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Para pelaku usaha wisata juga sudah dikumpulkan untuk diajak berkoordinasi oleh dinas terkait pada tanggal 17 November lalu. Jadi ini benar-benar disiapkan,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas menyebut, sejumlah pelaku pariwisata yang terus intens berkoordinasi adalah Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Paguyuban Usaha Tempat Rekreasi (Putri), dan sejumlah pelaku wisata lainnya.

Libur akhir tahun dipastikan membuat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi melonjak drastis. Para wisatawan banyak berkunjung ke sejumlah destinasi wisata unggulan, seperti Kawah Ijen yang memancarkan api biru (blue fire), Pantai Pulau Merah, Pulau Tabuhan, Bangsring Underwater, Wisata Hutan Pinus Songgon, Grand Watudodol, Karo Rafting, dan Teluk Hijau.

”Kami mengajak semua pihak, ayo bareng-bareng bikin nyaman wisatawan, semuanya harus aman, bersih, ramah. Yang bisnis agen perjalanan ya dilayani dengan baik, yang bisnis makanan jangan asal menaikkan harga. Insya Allah semua siap memberi pelayanan terbaik. Perilaku sadar wisata atau tourism behaviour ini secara berkelanjutan terus kami dorong ke seluruh masyarakat, khususnya para pelaku usaha pariwisata,” papar Anas.

Kabupaten  Banyuwangi telah menjadi magnet wisata baru di Indonesia. Banyak pelancong yang memilih untuk menghabiskan masa liburan akhir tahunnya di Kabupaten The Sunrise of Java ini. Bahkan selama liburan natal ini jumlah wisatawan yang melancong ke Banyuwangi membludak. Kepadatan pengunjung wisata terjadi secara merata di beberapa obyek wisata di Banyuwangi. Seperti yang terjadi di obyek wisata Bangsring Underwater. Destinasi wisata bahari yang terletak di wilayah utara ini selalu jadi spot favorit wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

Pengelola wisata Bangsring Underwater Ikhwan Arief mengatakan setiap liburan jumlah pengunjung BUW memang selalu melonjak. Misalnya saja pada libur Maulid Nabi kemarin (10 – 12 Desember), wisatawan yang berlibur di tempatnya perhari mencapai 5000 – 6000 orang. Sementara itu, pada liburan panjang tgl 24-26 Desember ini tercatat pengunjung yang memadati lokasi wisata ini mencapai 5.000 orang per harinya. “Pengunjung terus memadati di Bangsring Underwater pada libur panjang bulan ini,” kata Ikhwan. Begitu juga di obyek wisata Pantai Pulau Merah. Pengelola Pulau Merah Eddy mengatakan, pantai indah dengan bukit kecil di tengah laut ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap masa liburan. Pantai ini memang jadi favorit untuk berwisata di wilayah Banyuwangi selatan.

Di libura panjang dua minggu sebelumnya jumlah pengunjung Pulau Merah per harinya mencapai lebih dari 3.000 orang. “Normalnya di weekend pengunjungnya sekitar 1000 orang. Sesuai perhitungan kami, wisatawan membludak di bulan Desember ini. Maklum, bareng libur sekolah” ujar Eddy. Sementara itu selama liburan natal hingga tahun baru besok, lanjut Edy, pengelola menyediakan 60-75 ribu tiket masuk ke wana wisata. Begitu juga dengan obyek wisata Gunung Ijen, pengelola Gunung Ijen Kepala BKSDA Sumpena mengatakan peminat wisata Gunung Ijen terus bertambah. Tercatat jumlah pengunjung yang berlibur di Ijen pada liburan Maulid mencapai 2000 orang. Sumpena menambahkan, hingga akhir November jumlah wisatawan mancanegara di Gunung Ijen sebanyak 30 ribu orang, sedangkan wisatwanan domestik mencapai 150 ribu orang. Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY. Bramuda mengatakan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Banyuwangi baik mancanegara maupun domestik telah melampaui target.

Hingga Akhir November jumlah turis luar negeri yang berlibur di Banyuwangi sudah tembus 75 ribu, padahal targetnya pada tahun 2016 ini sebanyak 45 ribu. Sedangkan untuk wisatawan dalam negeri sudah mencapai 2,7 juta dari target 2,3 juta pengunjung. “Liburan akhir tahun ini akan semakin menambah daftar kunjungan wisatawan yang masuk ke Banyuwangi,” ujar Bramuda. Untuk menambah tingkat kunjungan wisatawan, kata Bramuda Banyuwangi terus mengembangkan berbagai destinasi wisata lainnya selain destinasi wisata yang telah dikenal lebih dulu. Seperti wisata hutan pinus Songgon yang dilengkapi olah raga arung jeram, air terjun Kalijagir di Glagah, Waduk Sidodadi di Glenmore, dan wisata mangrove Bengkak di Wongsorejo. “Berbagai destinasi ini bisa jadi pilihan wisata yang menarik bagi para wisatwan. Ini juga untuk mengurai kepadatan jumlah wisatawan di lokasi wisata yang biasanya sangat padat di masa liburan seperti Pulau Merah,” ujarnya.

Categorised in:

No comment for Banyuwangi Siap Sambut Lonjakan Wisatawan Hingga 500 Persen Libur Akhir Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *