Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Nasi Liwet Solo Wisata Kuliner Wajib Saat Berlibur di Surakarta

Nasi Liwet Solo Wisata Kuliner Wajib Saat Berlibur di Surakarta

(1525 Views) July 13, 2016 4:17 pm | Published by | 1 Comment

Nasi Liwet Solo

DutaWisata.Co.Id, Surakarta – Nasi liwet merupakan salah satu masakan Kota Solo yang sudah dikenal masyarakat luas. Nasi liwet ini unik, karena anda tidak akan mendapatkannya di tempat lain. Proses pembuatan Nasi Liwet khas Solo cukup mudah, yaitu dengan memasak nasi dicampur dengan kaldu ayam, sehingga nasi yang sudah matang menjadi terasa gurih. Untuk sayur pelengkapnya menggunakan sayur labu siam yang dipotong memanjang dan dimasak dengan santan.

Untuk lauk pelengkapnya menggunakan telur pindang rebus, daging ayam suwir dan juga areh, yang terbuat dari santan yang dikentalkan. Penyajian nasi liwet ini biasanya dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang. Untuk salah satu warung nasi liwet Kota Solo yang sudah terkenal salah satunya adalah yang terdapat di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang biaanya mulai buka pukul 6 sore.

Nasi liwet Solo memiliki ciri khas sendiri, seperti tanah kelahiran makanan yang banyak digemari oleh masyarakat ini. Nasi liwet asalnya di Solo dijadikan menu sarapan dengan tambahan lauk. Seiiring berjalannya waktu, nasi liwet kini lebih beragam bahkan tidak hanya dijadikan menu untuk sarapan akan tetapi untuk makan siang atau makan malam.

kuliner nasi liwet solo

Proses membuat nasi liwet tidak jauh berbeda dengan membuat nasi uduk khas betawi, hanya saja dalam pembuatannya nasi liwet lebih menggunakan tambahan bumbu rempah yang sederhana ketimbang nasi uduk. Cara membuat nasi liwet dapat dibagi menjadi dua cara, ada yang berupa nasi aron dicampur dengan air di dalam kastrol/panci hingga matang . Adapula yang di aroni dengan menggunakan bumbu kemudian dimasak menggunakan dandang.

Bahkan sekarang untuk membuat nasi liwet menggunakan rice cooker yang lebih mudah dan praktis. Hal ini sangat membantu anda terlebih bagi anda yang ingin menyajikan menu istimewa di tengah keluarga anda. Hidangakan nasi liwet bersama dengan lauk pauk , sambal dan lalapan yang disukai oleh keluarga anda.

Tips dari kami, untuk menikmati Nasi Liwet Solo ini sebenarnya sangat banyak, hampir di tiap sudut Kota Solo ada nasi liwet dan rasanya ppun hampir sama. Oleh sebab itu apabila anda ingin sekedar mencoba, anda tinggal coba di mana saja penjual Nasi liwet di Kota Solo.

Categorised in: ,

1 Comment for Nasi Liwet Solo Wisata Kuliner Wajib Saat Berlibur di Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *