Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Taman Pintar Yogyakarta Lakukan Terobosan Teknologi Artifisial Intelegent

Taman Pintar Yogyakarta Lakukan Terobosan Teknologi Artifisial Intelegent

(66 Views) June 14, 2018 9:18 am | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Taman Pintar sebagai salah satu ikon wisata edukasi di Kota Yogyakarta senantiasa berupaya melakukan terobosan pelayanan kepada masyarakat. Terutama wisatawan yang berkunjung di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan mengenalkan teknologi artificial intelegent (AI).

Kepala BidangTaman Pintar Yogyakarta,Afia Rosdiana mengatakan, pengenalan itu dikemas dengan Talk Show Interaktif Serunya Belajar AI, hasil kerjasama Taman Pintar dengan Laboratorium Riset Sistem Cerdas, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM. Talk Show yang digelar pada Selasa (5/6) ini diikuti oleh pelajar SMA/SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan rumit dengan cara lebih manusiawi. Hal ini dilakukan dengan mengikuti atau mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/inteligensia manusia, kemudian menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer, kata Afia.

Artificial Intelligence (AI)  sebenarnya saat telah menjadi tren dalam pengembangan berbagai macam software yang digunakan untuk membantu manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, AI telah banyak diterapkan dalam berbagai aplikasi, gim, maupun perangkat elektronik.

Meskipun demikian, masih banyak generasi muda, khususnya remaja yang belum mengetahui pesatnya perkembangan di bidang ini. Oleh karena itu perlu diadakan suatu kegiatan untuk mengenalkan generasi kepada AI. Harapannya, dengan lebih mengenal AI, mereka akan termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi bangsa ini dengan mengembangkan software-software cerdas berbasis AI yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Taman Pintar sekaligus secara resmi melakukan penambahan jam operasional. Kini, tempat wisata edukasi itu beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Menurutnya, penambahan jam operasional Taman Pintar ini merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk terus memberikan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. Di samping itu, ini menjadi bentuk kontribusi Taman Pintar untuk menyemarakan wisata Kota Yogyakarta di malam hari yang akan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta.

Pada akhirnya, kebijakan ini diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat di Kota Yogyakarta, kata dia.

Categorised in:

No comment for Taman Pintar Yogyakarta Lakukan Terobosan Teknologi Artifisial Intelegent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *