Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Sehari Kawasan Wisata Gunung Ijen Capai 3.200 Wisatawan

Sehari Kawasan Wisata Gunung Ijen Capai 3.200 Wisatawan

(1255 Views) May 7, 2016 5:27 am | Published by | No comment

Kawasan Wisata Gunung Ijen

DutaWisata.Co.Id, Banyuwangi – Libur akhir pekan yang cukup lama kali ini ternyata dimanfaatkan ribuan wisatawan untuk mendatangi Kawasan wisata alam Gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada Kamis (5/5/2016), jumlah pengunjung yang datang mencapai 3.200 orang. Sejak Kamis, telah ribuan wisatawan memadati kawasan Paltuding yang merupakan titik awal pendakian gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl tersebut.

Dari laporan BKSDA Ijen (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), semalam (Kamis malam) hinga dini hari tadi (Jumat) wisatawan meningkat tajam hingga 3.200 wisatawan. Mereka telah antri sejak pukul 01.01 dini hari demi blue fire.

Gunung Ijen terkenal dengan blue fire yang hanya bisa dilihat saat malam hari. Fenomena alam ini hanya ada 2 di dunia, selain di Islandia. Biasanya pengunjung akan memulai pendakian sekitar pukul 01.00 WIBuntuk bisa menyaksikan nyala biru yang muncul di dasar dinding kawah.

Kawah Ijen Blue Fire

Membludaknya kunjungan ini telah diantisipasi agar tidak mengganggu fungsi konservasi. Pihak BKSDA sebagai pengelola hanya membuka satu loket. Antrian memang panjang karena ribuan orang ingin mendaki. Memang kebijakan BKSDA membuka satu loket. Ini salah satu cara untuk mengatur kepadatan di puncak Ijen.

Pemkab Banyuwangi juga telah menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) dan instansi terkait untuk pengembangan wisata Ijen.

Ijen akan dikembangkan dalam satu kesatuan ekosistem di mana kelestarian alam menjadi tumpuan utamanya, dan pariwisata menjadi pengembangannya,” kata Lutfi.

Bahkan banyak pengunjung yang memilih untuk menunda ke blue fire, karena padatnya pengunjung. Sejak di akses masuk, banyak kendaraan yang antri untuk masuk.

 

Categorised in:

No comment for Sehari Kawasan Wisata Gunung Ijen Capai 3.200 Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *