Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Rumah Domes Jogja atau Rumah Teletubies Destinasi Wisata Baru

Rumah Domes Jogja atau Rumah Teletubies Destinasi Wisata Baru

(4715 Views) November 7, 2015 9:16 am | Published by | 1 Comment

rumah-teletubbies-jogja

DutaWisata.Co.Id- Gunungkidul – Musim liburan telah tiba. dan salah satu alternatif pilihan tempat wisata yang cocok bagi keluaga adalah berlibur di kota Yogyakarta. Namun jika masih bingung memilih tempat wisata yang akan dikunjungi bersama keluarga. Cobalah untuk berkunjung di rumah Teletubbies Yogyakarta. Rumah teletubbies atau Rumah Domes Jogja tengah diperuntukkan bagi korban gempa jogja yang sekarang dikelola menjadi desa wisata.

Rumah setengah lingkaran ini digunakan sebagai tempat tinggal pengganti bagi korban bencana gempa bumi yang melanda kota Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006 silam. Rumah – rumah dome ini terletak di Dusun Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rumah Dome ini pembangunannya dipelopori oleh Lembaga dan donatur asing yaitu Domes for the World, lembaga dari Amerika yang memberi bantuan rumah. Domes for the World membuat rumah Dome di banyak negara, seperti Kenya, Thailand, Dan India. Rumah – rumah Dome di Yogyakarta ini menjadi yang pertama di Indonesia.

rumah domes yogyakarta

Tapi yang menarik adalah rumah ini berbeda dengan rumah kebanyakan. Sekilas jika melihat rumah-rumah ini akan teringat dengan bentuk rumah tokoh film kartun anak, teletubbies. Tidak heran penduduk sekitar menjulukinya rumah teletubbies.

Dibangun dengan konstruksi besi dinding yang terkait dengan pondasi, membuat rumah mungil ini tahan angin dan goncangan gempa bumi. Memang, rumah-rumah ini dibangun sebagai rumah anti gempa. Keunikan bentuk rumah Dome ini tak jarang mengundang perhatian wisatawan yang melintas. Menanggapi hal ini, masyarakat sekitar melihat sebagai peluang untuk membuka desa wisata.

Pengelolaan desa wisata rumah Dome ini berhasil. Bukan lagi sekadar lewat dan mampir. wisatawan dari berbagai daerah dari tanah air maupun mancanegara mulai sengaja berdatangan untuk melihat lebih dekat rumah anti gempa ini. Kemipripan desain rumah ini dengan rumah tempat tinggal anak-anak juga menjadi daya tarik pengunjung yang membawa buah hatinya. Bahkan disana terdapat juga maskot teletubbies sehingga pengunjung terutama anak-anak tanpa sungkan bermain dan berfoto bersama teletubbies.

“ Ya senang dan unik aja bisa liat rumah bulat seperti ini.” Ujar seorang ibu yang membawa serta suami dan juga anak perempuannya.

Selain dapat melihat dan masuk kedalam rumah anti gempa, pengunjung juga berkesempatan mengunjungi mata air dua rasa. Bahkan jika tertarik bermalam di rumah Dome, pengunjung hanya perlu membayar tujuh puluh lima ribu rupiah untuk biaya menginap semalam.

antarafoto-rumahtahangempa-2

Rumah Dome ini terdiri dari satu kamar tamu, dua kamar tidur, dapur, serta ruang serba guna yang terdapat dilantai dua. Semua rumah Dome memiliki dua lantai. Desa ini terdiri dari delapan puluh rumah Dome dengan bentuk dan jumlah ruangan yang serupa. Sebenarnya yang digunakan sebagai tempat tinggal ada 65 rumah. Sisanya untuk mushola, TK, Klinik, dan kamar mandi. Jalanan yang nyaman dan taman yang hijau mengelilingi rumah Dome ini.

Keberadaan rumah dome membawa dampak positif bagi para penduduk yang menjadi korban gempa bumi tujuh tahun silam terutama dampak ekonomi dan sosial. Dari segi ekonomi warga mendapat penghasilan tambahan dan bahkan ditambah dengan mendirikan warung-warung kecil. Sedangkan dari segi sosial, warga mampu bersosialisai dengan penduduk sekitar dan wisatawan yang datang.

Beberapa keterbatasan memang masih dialami warga, diantaranya rumah Dome yang sempit dan fasilitas MCK yang berada di luar rumah. Walaupun, keberaaan rumah Dome bagi warga memang belum sepenuhnya mengganti kerugian akibat gempa bumi. Namun keterbatasan ini tidak menghalangi warga untuk bangkit dari keterpurukan.

Categorised in: ,

1 Comment for Rumah Domes Jogja atau Rumah Teletubies Destinasi Wisata Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *