Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Pesona Wisata Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul Yang Mengoda Wisatawan

Pesona Wisata Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul Yang Mengoda Wisatawan

(13 Views) April 29, 2018 4:44 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Bantul – Pesona Wisata Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul Yang Mengoda Wisatawan. Dlingo seolah tak kehabisan tempat untuk spot selfie baru. Jika diibaratkan, Deretan di tepian bukit Mangunan Dlingo ini seperti pesisir selatan di Gunung Kidul yang setiap lekuk memiliki nama pantai dan daya tarik tersendiri.

Begitu juga dengan Dlingo, meski hanya sebuah kecamatan, namun memilki daya tarik yang snagat besar di setiap lekuk pegunungannya. Kok bisa begitu? ya, karena Dlingo memiliki banyak spot wisata yang unik. Diawali dengan kemunculan Bukit Panguk Kediwung, kemudian jurang Tembelan, kini ada lagi spot wisata baru di dlingo yaitu Bukit Mojo.

Sebenarnya spot ini bukan wisata baru karena saya ingat betul, Bukit Mojo ini dikembangankan setelah Bukit panguk Kediwung terkenal dan belum muncul Jurang Tembelan. namun karena “gimmicknya” kurang menarik saat itu, Bukit Mojo belum terlalu ramai di kunjungi. Setelah muncul Jurang Tembelan dnegan kreativitasnya, akhirnya Bukit Mojo Gumelem inijuga dipercantik dengan konsep spot selfie artistik.

Yang menarik dari Bukit Mojo Gumelem ini adalah adanya spot selfie yang unik. Jika Jurang Tembelan punya Kapal di atas tebing dan sayap kupu kupu besar, bukit Mojo ini juga tak mau kalah. Ada spot selfie unik dengan sarang burung raksasa di atas bukit. Sarang burung ini menjadi spot foto yang paling difavoritkan oleh pengnjung.

Sarang burung merupakan adaptasi Gardu Pandang yang kemudian dibuat seoalh seperti sarang burung. Hasilnya, jika foto di spot Bukit Mojo tersebut ya sangat ciamik. Selain spot selfie sarang burung, ada juga gardu pandang berbentuk bunga matahari. Jika pengunjung berfoto di atasnya seolah sedang hinggap di atas bunga raksasa.

Bukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau ke arah Bukit Panguk, jalannya masih searah tapi nanti ada pertigaan tanda arah kalau ke kiri ke bukit Panguk, kita ambil jalan ke kanan ke arah bukit Mojo. Dari sini kurang lebih 1 km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo ini.

Rute dari Jogja : Terminal Giwangan – Jalan imogiri Timur – belok kiri dipertigaan imogiri – pertigaan belok kanan ke arah Mangunan – lurus ikuti jalan – Tugu Mangunan belok kanan ke arah kebun buah Mangunan – kalau ke kanan ke kebun buah, maka belok kiri (lurus) – SD Kanigoro -belok kanan – belok kiri – pertigaan arah panguk & Mojo, kita ambil kanan – ikuti jalan – Bukit Mojo.

Setelah sampai di bukit Mojo, kami memarkirkan kendaraan kami. Parkir dan retribusi disini masih sukarela. Saat kami sampai disini bukit mojo ini tergolong masih sepi, hanya beberapa pengunjung yang datang kesini. Selain itu juga masih dilakukan pembangunan disana-sini. Disini ada beberapa warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, jadi jangan khawatir bila kelaparan dan haus bisa deh mampir dan sedikit berbincang dengan warganya. Fasilitas lain toilet juga yang disediakan disini.

Di bukit Mojo ini disediakan tiga anjungan/gardu pandang kecil yang tersebar di barat, tengah dan timur bukit. Karena ukurannya kecil jadi perlu hati-hati ya, jangan kelebihan beban. Pemandangan dari ketiga anjungan juga sedikit berbeda. Anjungan yang sebelah barat kita bisa melihat jelas sungai Oyo dan bukit sekitarnya. Anjungan tengah ini ada pohon disisi kanan kirinya jadi lebih menarik untuk foto.. Kalau anjungan sebelah timur ini terbuat dari pagar bambu dan lantainya dari batu, jadi berbeda dari dua anjungan lain yang terbuat dari kayu.

Categorised in:

No comment for Pesona Wisata Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul Yang Mengoda Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *