Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » NEWS » Penyusunan kembali induk Candi Kedulan Ditargetkan Selesai 2018

Penyusunan kembali induk Candi Kedulan Ditargetkan Selesai 2018

(203 Views) January 22, 2018 10:02 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Sleman – Penyusunan kembali induk Candi Kedulan di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditargetkan selesai pada 2018. Pemugaran dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

“Setelah selesai pemugaran induk candi, maka selanjutnya dijadikan sebagai Pusat Studi Vulcano Arkeologi pada tahun berikutnya,” kata Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Ari Setyastuti, di Sleman, Senin (22/1).

Menurut dia, pada 2018 untuk Candi Kedulan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2,8 miliar. Pengerjaan yang dimulai pada Jumat 5 Januari sampai Desember 2018 pada induknya kemudian baru merambah candi-candi kecil di sampingnya (perwara).

“Biaya tergantung dari kebutuhannya apakah banyak batu yang perlu diganti atau tidak,” katanya.

Ia mengatakan, Candi Kedulan ini masih terdapat 95 persen batuan yang asli. Jadi hanya sedikit saja batu yang perlu diganti untuk melengkapinya. “Candi ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lainnya. Pernah menjadi tempat untuk konferensi internasional vulkanologi beberapa tahun lalu. Karena bangunan heritage ini berkali-kali diterjang oleh lahar erupsi Gunung Merapi yang ada di sebelah utaranya,” katanya.

Ari mengatakan, dari lapisan sedimen lahar Merapi ini, Candi Kedulan yang berada sekitar 6 – 7 meter di bawah permukaan tanah tak hanya laboratorium bagi dunia arkeologi saja. Namun juga sebagai pembelajaran bagi ilmu geologinya.

“Selain sebagai laboratorium arkeologi sekaligus sebagai laboratorium geologinya. Ini akan menjadi tempat edukasi terpadu,” katanya.

Ia mengatakan, Candi Kedulan ini juga sebagai penunjang program pembelajaran generasi selanjutnya yang telah ada sebelumnya. Seperti kemah cagar budaya hingga sekolah cagar budaya. “Nanti akan ada bumi perkemahan di sekitar kawasan candi,” katanya.

Candi Kedulan ditemukan pada 1993. Candi tersebut terpendam pada kedalaman 6-7 meter dari permukaan tanah karena dampak letusan Gunung Merapi.

Categorised in:

No comment for Penyusunan kembali induk Candi Kedulan Ditargetkan Selesai 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *