Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » AGENDA » Pengibaran Bendera Merah Putih Di Bukit Klangon Merapi Diikuti 1945 Orang

Pengibaran Bendera Merah Putih Di Bukit Klangon Merapi Diikuti 1945 Orang

(39 Views) August 16, 2018 4:31 pm | Published by | No comment

DutaWisata.Co.Id, Sleman – Upacara bendera peringatan HUT ke-73 RI digelar di Wisata Bukit Klangon, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Kamis (16/8). Acara diikuti 1.945 orang.

Pengibaran bendera yang jaraknya hanya sekitar 3,5 kilometer dari puncak Merapi itu sekaligus membuktikan gunung masih aman untuk didatangi wisatawan. “Merapi tidak perlu ditinggal pergi dan ditinggal lari. Di sini aman. Pengibaran bendera di Bukit Klangon ini supaya pengunjung bisa datang berwisata ke sini,” kata Kepala Desa Glagaharjo Suroto usai upacara bendera, Kamis (16/8).

Upacara bendara merupakan aspirasi dari masyarakat setempat. Mereka mempunyai keinginan merayakan Kemerdekaan RI dengan sesuatu hal yang berbeda. “Kami sebagai perangkat desa harus mendengar aspirasi warga. Biasanya hanya upacara atau pengibaran bendera, sekarang dirayakan di tempat wisata,” ujarnya.

Setelah menampung aspirasi warga, perangkat desa kemudian berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Serta dengan komunitas relawan maupun Komando Distrik (Kodim) Militer 0732 Sleman.

Baik dari warga, komunitas relawan, mahasiswa, anak sekolah, hingga pejabat daerah dan anggota TNI yang mengikuti upacara, totalnya mencapai 1.945 orang. Angka itu yang sesuai tahun kemerdekaan Indonesia.

“Di Glagaharjo ada 10 Dusun. Masing-masing diwakili seratus orang. Kemudian ada pula dari relawan, kodim, pejabat daerah, dan mahasiswa,” ucapnya.

Komandan Kodim 0732 Sleman Letkol Inf. Diantoro menambahkan, bendera Merah Putih yang dikibarkan berukuran 9 x 6 meter di tiang setinggi 17 meter. Berbeda dengan perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan, tantangan masa kini adalah bagaimana mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Tantangannya adalah bagaimana mengatasi permasalahan bangsa yang belum selesai. Yakinlah bahwa dengan semangat persatuan dan kesatuan dilandasi nilai perjuangan, pantang menyerah dan rela berkorban, masalah itu akan teratasi,” ucap Diantoro.

Sementara itu, status Gunung Merapi masih di level Waspada yang ditetapkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta. Penetapan status itu karena adanya gejolak berupa peningkatan aktivitas pada Juli silam.

Categorised in: ,

No comment for Pengibaran Bendera Merah Putih Di Bukit Klangon Merapi Diikuti 1945 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *