Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Pantai gesing Gunung Kidul Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Pantai gesing Gunung Kidul Keindahan Alam Yang Tersembunyi

(1447 Views) October 10, 2015 8:10 am | Published by | No comment

Pantai Gesing Gunungkidul

DutaWisata.Co.Id, Gunung Kidul – Wisata ke Yogyakarta, belum lengkap kalau belum menikmati hamparan pantai pasir putih di kawasan gunung kidul. Tiak cukup satu hari apabila ingin menikmati seluruh pantai yang kebanyakan berpasir putih itu. Salah satu pantai yang jarang diketahui orang, tapi memiliki keindahan yang tak kalah dengan yang lain adalah Pantai Gesing  Gunungkidul.

Pantai Gesing Gunungkidul tepatnya berada di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta, adalah pantai yang berada di teluk, menjadikan pantai ini diapit oleh tebing yang tak kalah eksotisnya.

Pantai Gesing memiliki pasir putih dan ombak yang kecil sehingga cocok untuk wisata keluarga dan bermain air. Hal yang menarik dari pantai ini adalah gradasi permukaan air dari warna hijau terang ke warna biru menambah keindahan Pantai Gesing.  Pantai Gesing tak terlalu besar, dengan karakteristiknya, pantai ini menjadikan tempat berlabuh para nelayan, baik lokal atau pun nelayan dari luar daerah seperti dari Kebumen atau Pacitan.

Pantai Gesing juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan. Walaupun tidak seramai Pantai Depok, Bantul, tapi ikan segar selalu tersedia di sini. Selain nelayan, pantai ini juga digemari oleh para pemancing karena ada beberapa spot memancing yang direkomendasikan.

Produksi ikan dari nelayan tersebut menjadikan Pantai Gesing terdapat banyak warung yang berjajar menjajakan olahan ikan segar.

Pantai Gesing Gunung Kidul

Aroma bakaran ikan akan menggoda perut anda setelah puas bermain air.

Untuk harga ikan juga terbilang murah, semisal ikan kakap sawo yang besar dan banyak dagingnya dihargai Rp 35 ribu per kilonya.

Bila anda adalah orang yang berjiwa petualang, maka pantai ini patut untuk anda kunjungi. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta.  Untuk memulai perjalanan ke Pantai Gesing disarankan melewati jalur alternatif Panggang karena lebih singkat dan perjalanan dengan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Akan tetapi keindahan sepanjang alam termasuk ketika masih berada di wilayah Selopamioro tak kalah menariknya dengan hamparan perbukitan hijaunya. Tak banyak penanda yang mengarah ke pantai itu, dan akses jalan sebelum menuju ke pantai tersebut cukup menantang dengan jalan yang belum diaspal dan berbatu, menjadikan anda merasakan kesan offroad.

Apabila bingung di perjalanan tak ada salahnya bertanya pada warga setempat dan merasakan keramahan khas Yogyakarta.

Untuk menuju Pantai Gesing dari Kota Yogyakarta dapat melewati rute Malioboro – jalan parangtritis – simpang empat ringroad – Imogiri Timur – Kebon Agung – Selopamioro – Panggang – Desa Girikarto.

 

Categorised in: ,

No comment for Pantai gesing Gunung Kidul Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *