Menu Click to open Menus
Home » AGENDA » Pameran Pagelaran Tenun Stagen di Bentara Budaya

Pameran Pagelaran Tenun Stagen di Bentara Budaya

(590 Views) February 16, 2016 11:29 am | Published by | No comment

PAGELARAN TENUN STAGEN 1

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Para penenun stagen dari Desa Sumberarum. Dusun Sejatidesa, Yogyakarta, memberikan “couching” menenun stagen dengan menggunakan ATBM (alat tenun bukan mesin) kepada para pengunjung Pameran Pagelaran Tenun Stagen : Stagen, Start Again, Tenun untuk Kehidupan, di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (15/2).

“Kelas menenun kita buka untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung di Pameran Stagen: Start Again yang ingin mencoba belajar menenun. Kami datangkan mba Jimah (45) dan mba Sumirah (34) penenunRainbow Stagen dari desa Sumberarum untuk memberikan demo menenun. Para pengunjung juga dapat mendapatkan cerita-cerita menarik dari kedua penenun tersebut,” ujar Evaulia Nindya, seraya menambahkan “kelas menenun kehidupan”. Diharapkan pengunjung bukan hanya mencoba tetapi juga bisa meresapi bagaimana pembuatan tenun sesungguhnya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi.”

 “Ternyata menenun itu mudah, kalau sudah tahu dasarnya pasti bisa. Sebelum mencoba saya perhatikan dulu bagaimana kaki dan tangannya. Kesulitannya memang hanya di ritmenya saja, terlalu cepat salah terlalu pelan juga salah ” jelas Alfia, pengunjung Pasar  Tenun Rakyat.

“Awalnya saya juga hanya melihat ibu saya yang menenun, lama-kelamaan karena sering melihat saya mencoba dan ternyata bisa. Karena memang saya sudah dari kecil belajar menenun jadi sudah tidak ada kesulitan paling hanya kalau sudah lama tidak menenun badan akan pegal-pegal. Menenun itu tidak susah hanya butuh telaten saat nyekir, proses awal menggulung benang,” kata mba Jimah (45) penenun Rainbow Stagen.

PAMERAN TENUN STAGEN

Rainbow stagen adalah inovasi yang diiniasi Dreamdelion sebuah komunitas anak muda yang peduli budaya dan lingkungan berbasis di Yogyakarta, sehingga stagen sederhana yang berwana hitam kini bisa dilihat dalam warna warni tenun yang diinspirasi dari kain tenun lurik asli Yogyakarta. Pameran tenun: Stagen, start again adalah salah satu rangkaian kegiatan menuju Pasar Tenun yang rencananya akan dilakukan pada 6 Maret 2016. Kegiatan adalah bagian besar dari sebuah kampanye gerakan sosial bernam Tenun Kehidupan (Weaving for life), yang ingin memberdayakan para penenun-yang kebanyakan perempuan. Selain itu khususnya di Desa Sumberarum, Dusun Sejatidesa, diharapkan bisa menopang popularitas kampung ini sebagai desa wisata tenun.

“Diharapkan ke depan dari tenun  kehidupan di desa ini juga bisa diandalkan menjadi alternatif ekonomi dari kegiatan sebagian warga yang masih suka menambang pasir di kali Progo. Kami kini tengah mengembangkan koperasi, membuat kebun organik, dan rumah bibit untuk penambang pasir dan petani, termasuk mengembangkan tanaman konservasi, seperti jati, mahoni, bambu, yang akan disepanjang sungai. Artinya ini akan melindungi bantaran sungai dan memberikan alternatif ekonomi warga yang menjadi penambang pasir,” ujar Fitriani Kembar Puspitasari, Koordinator Dreamdelion.

Pameran Pagelaran Tenun Stagen : Start Again akan berlangsung hingga, Rabu, 17 Februari 2016, yang dibuka dari  pukul 09.00-21.00 di Bentara Budaya. Pada hari terakhir akan diisi dengan  berbagai kegiatan seperti Diskusi Publik : Tenun Kekinian : Mengembangkan Ekonomi Kreatif Indonesia, Melalui Inovasi Tenun. Menampilkan narasumber : Fitriani Kembar (Koordinator Dreamdellion Yogyakarta), Adinindyah (Lawe), Rika Fatima* (Dosen FEB UGM). Selain diskusi publik pameran ini pada penutupannya juga diramaikan dengan Fashion Show.

Pameran TENUN STAGEN 2016

Categorised in: , ,

No comment for Pameran Pagelaran Tenun Stagen di Bentara Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *