Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Milenial Road Safety Festival 10 Maret 2019 di Nol Kilometer Jogja

DutaWisata.Co.Id, Yogyakarta – Angka kecelakaan di DIY dalam setahun terakhir ada sekitar 4000, luka ringan sekitar 6000, dan meninggal dunia sekitar 400 jiwa.  Fakta tersebut dikemukakan oleh Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo S.I.K. dalam kunjungannya ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada hari Rabu (06/02) pagi di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Untuk itulah Polda DIY bekerjasama dengan Polres wilayah Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan kota Yogyakarta untuk menyelenggarakan Milenial Road Safety Festival. Acara ini merupakan inisiatif Polda DIY untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang biasa dilakukan oleh generasi milenial. Puncak acara Milenial Road Safety Festival untuk jajaran polres di wilayah Bantul, Sleman, Gunung Kidul dan Kulon Progo akan dilaksanakan  pada tanggal 3 Maret 2019, sedangkan untuk tingkat Provinsi akan diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2019 di Alun-Alun Utara kota Yogyakarta.

Kunjungan ini bermaksud untuk meminta izin Gubernur DIY sekaligus meminta beliau untuk mengisi acara pada tanggal 10 maret 2019. Selain itu, Polda DIY meminta testimoni dari Gubernur DIY, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, termasuk Kepala Satuan Tentara Nasional Indonesia untuk kegiatan Milenial Road Safety Festival.

Kegiatan ini mengajak generasi milenial untuk cinta lalu lintas sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Mewujudkan Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang”.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Rencana Umum Nasional Keselamatan,  tetapi dikemas dengan rangkaian kegiatan Milenial Road Safety Festival. Harapannya para generasi milenial bisa cinta lalu lintas dan membangun budaya tertib lalu lintas, yang kemudian diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan maupun korban fatalitas. Endingnya, generasi milenial  bisa tergerak sebagai pelopor, motivator, relawan lalu lintas yang bisa memberikan suri tauladan dalam berkendara di jalan” ujar Djati.

Djati menargetkan agar di tahun 2030 angka kecelakaan turun hingga 50 %. Hal tersebut menjadi PR baik dari pihak kepolisian dan 5 pilar yang ada dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna jalan yang berkeselamatan, dan perawatan paska kecelakaan.

Adapun rangkaian kegiatan dalam acara tersebut seperti jalan santai, gerak jalan milenial, senam kolosal milenial, milenial entrepreneur expo, freestyle, kemudian ada safety riding, safety driving, kegiatan dialog- dialog, pameran hasil karya dari para kaum milenial, dan ada deklarasi untuk pelopor keselamatan. Puncak Milenial Road Safety Festival dilakukan pada tanggal 10 Maret 2019. Acara tersebut turut diramaikan dengan penampilan artis ibu kota dan akan ada doorprise menarik seperti sepeda motor dan lain-lain.

Sumber: Humas Pemprov DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *