Menu Click to open Menus
Home » AGENDA » Keris Summit 2015 Hadirkan Ratusan Keris Unik Nusantara

Keris Summit 2015 Hadirkan Ratusan Keris Unik Nusantara

(1139 Views) October 30, 2015 3:19 am | Published by | No comment

Pameran Keris Yogyakarta

DutaWisata.Co.Id, Jogja РAgenda Wisata Jogja yang satu ini termasuk unik dan langka yakni kegiatan dalam Keris Summit 2015 yang berlangsung 28 Oktober Р1 November di Moseum Benteng Vrederburg adalah pameran keris. Pameran keris yang berlangsung setiap hari ini, menampilkan sekitar 650 keris dari berbagai daerah. Mulai keris dari rumpun Bali dan NTT, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Madura hingga keris jaman Kemerdekaan.

Dari sekian banyak keris yang dipamerkan itu terdapat keris-keris langka yang sangat sulit ditemukan. Tak cuma itu, keris mewah dengan sepuhan emas berlian berharga ratusan juta juga ikut menjadi koleksi yang menarik pengunjung. Salah satunya adalah keris peninggalan Pakubuwono VII bernama Kyai Nogosapto asal Solo. Keris ini menjadi salah satu koleksi langka yang ikut dipamerkan. Selain dihiasi dengan lapisan emas dan berlian, keris ini juga menjadi istimewa karena memiliki nilai seni serta kharisma yang sangat tinggi.

Kurator pameran sekaligus pengurus Paguyuban Pemerhati Tosan Aji Yogyakarta (Mertikarta), Eko Supriyono menyebut, keris Nogosapto ini memiliki ukiran tiga dimensi berupa kepala naga yang sangat detail sehingga reliefnya nampak nyata.

“Nogosapto artinya naga yang memiliki lekuk tujuh. Filosofi dari keris ini menunjukkan kharisma yang tinggi, kewibawaan serta keberanian,” katanya.

Konon keris ini hanya dibuat sebanyak 7 buah. Dan dari jumlah itu banyak diantaranya yang kini berada di tangan kolektor luar negri. Tak heran keris ini pun ditaksir bernilai ratusan juta rupiah.

Eko sendiri menyatakan keris dari setiap daerah memiliki kekhasan dan ciri tersendiri. Khususnya dari bentuk keris maupun warangkanya. Seperti misalnya untuk keris asal Bali yang biasanya memiliki bentuk lebih panjang dari keris asal Jawa. Sementara keris dari Sumatra warangkanya juga nampak sangat berbeda dengan keris asal Jawa.

“Di Jawa saja, anatara keris Jawa Barat dengan Jawa Tengah dan DIY sudah beda. Begitu juga keris dari Jogja dan Solo. Perbedaan yang signifikan adalah dari bahan pamor dan jenis besinya. Ada kekhasan masing-masing,” katanya.

Menurut eko, selain keris Nogosapto, masih banyak keris lain yang tak kalah langka dan bernilai seni tinggi yang dipamerkan dalam Keris Summit ini. Anatara lain keris tua yang dibuat sejak abat ke 8 atau sekitar 1200 tahun yang lalu. Dimana keris semacam ini banyak tergambar dalam relief-relief candi.

Ada ratusan keris yang langka dan berusia sangat tua. Bahkan ada yang sudah ditawar hingga 1 miliar namun tidak dikasih oleh pemiliknya.

Categorised in: ,

No comment for Keris Summit 2015 Hadirkan Ratusan Keris Unik Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *